Selasa, 17 Oktober 2017

Sistem manajemen housekeeping hotel

Housekeeping, terdiri dari 2 suku kata yaitu: house dan keep yang artinya menjaga rumah.Dari pengertian tersebut dapat disimpulkan,Housekeeping adalah  bagian atau Departement yang  mengatur atau menata peralatan, menjaga kebersihan, memperbaiki kerusakan dan memberikan dekorasi dengan  tujuan agar hotel tampak rapi, bersih, menarik dan menyenangkan penghuninya.
Dimana ruang lingkup kebersihan Housekeeping adalah membersihkan seluruh area hotel baik didalam maupun luar area hotel,contohnya di daerah parkiran dan termasuk sekitar area hotel.
Guest Room,Public Area,Corridors,Swimming Pool,Back Office,Emmployee Locker Room,Ball Room,dan semua area hotel baik didalam maupun diluar yang masih termasuk dalam area hotel dan juga dibutuhkan Sistem manajemen housekeeping hotel.
Housekeeping terbagi menjadi 4 divisi :
1. Floor Section
2. Houseman Section
3. Linen & Uniform Section
4. Laundry Section
Setiap Divisi harus menjalankan tugasnya masing-masing atau lebih dikenal dengan istilah Job dish.

Hubungan housekeeping dengan front office ibarat dua sisi mata uang yang tidak mungkin berdiri sendiri, oleh sebab itu hubungan ini menjadi suatu divisi yang disebut Room Division, hubungan kerja tersebut antara lain ; housekeeping mempersiapkan kamar bersih sedangkan front office yang akan menjualnya, front office sebagai central informasi dari tamu kemudian housekeeping sebagai eksekutor di lapangan, dan lain-lain. Oleh sebab itu komunikasi yang baik antara housekeeping dengan front office akan memberikan nilai tambah bagi kepuasan tamu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar