Selasa, 17 Oktober 2017

Sistem manajemen housekeeping hotel melati

Semakin banyaknya hotel pada saat ini, semakin pula diperlukannya aplikasi yang dapat mambantu dalam mengelola data dan menunjang proses bisnis. Namun masih ada hotel yang beberapa prosesnya masih menggunakan proses manual yang terkadang mengalami kesulitan. Misalnya dalam hal penjadwalan, pengelolaan data barang dan sebagainya. Selain itu masalah yang dihadapi adalah dalam hal pembuatan laporan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat suatu aplikasi sistem hotel khusunya pada bagian housekeeping yang mengatur penjadwalan, barang hotel dan transaksi barang hotel. Berdasarkan masalah yang ditemukan, maka dibuatlah aplikasi manajemen hotel pada bagian housekeeping.
Ketika tidak ada koordinasi yang baik antara Housekeeping dengan department lain, akan mengakibatkan percekcokan antara department terkait. Contohnya, ketika seorang room attendant tidak memberi informasi status kamar dengan benar kepada bagian front office, itu bisa mengakibatkan front office melakukan kesalahan dalam memberi kamar kepada tamu, kemudian kedua department akan saling menyalahkan dan terjadilah perselihan jadi diperlukan Sistem manajemen hotel melati.
Sistem informasi adalah suatu sistem dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian yang mendukung fungsi operasi organisasi yang bersifat manajerial dengan kegiatan strategi dari suatu organisasi untuk dapat menyediakan kepada pihak luar tertentu dengan informasi yang diperlukan untuk pengambilan keputusan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar